Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi, Anies Singgung Toleransi

by -1,311 views

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan bahwa persatuan atas berbagai perbedaan yang ada di masyarakat tidak akan tercipta jika tidak ada sikap toleransi. Dia mengajak masyarakat untuk merajut kebersamaan dengan toleransi.

Anies mengutarakan hal tersebut saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Indonesia di pulau reklamasi, Jakarta Utara Sabtu (17/8).

“Menyatukan yang berbeda hanya dapat terlaksana apabila ada toleransi, tidak memperlebar perbedaan, menjaga persamaan sebagai ikatan daerah ,” ucap Anies.

Dia menjelaskan bahwa kebhinekaan adalah sesuatu yang niscaya. Baik dari aspek geografis, sosial, etnis mau pun agama. Meski begitu, lanjutnya, semua elemen masyarakat memiliki tekad dan tujuan yang sama yakni membangun Indonesia.

“Sejak lama, kota Jakarta sudah menjadi simpul percontohan persatuan Indonesia, karena ada masyarakat Betawi yang sejak dulu menyambut terbuka seluruh warga Indonesia dengan kehangatan,” kata Anies saat upacara peringatan HUT ke-74 RI di kawasan Pulau Reklamasi, Sabtu (17/8).

Ia juga mengingatkan agar setiap elemen masyarakat dapat merajut kebersamaan kembali setelah Pemilu 2019. Dia mengajak masyarakat untuk bersatu padu membangun Indonesia.

Dia menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Tidak bisa dibangun oleh satu atau dua pihak saja, melainkan oleh seluruh elemen masyarakat.

“Mari kita terus rajut kebersamaan, walau pernah ada perbedaan pandangan pilihan pada masa Pemilu kemarin,” ujar Anies.

Anies menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di pulau reklamasi, Sabtu (17/8). Upacara dimulai sekitar pukul 07.30.

Sejumlah tokoh turut hadir. Di antaranya Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan sejumlah forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda).

Pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemprov DKI Jakarta juga hadir. Itu sesuai dengan Instruksi Gubernur No. 71 dan 72 Tahun 2019 yang memerintahkan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI untuk mengikuti upacara HUT ke-74 RI.

“Untuk menyimbolkan (reklamasi) kepemilikannya adalah milik negara, bukan pribadi, maka kita adakan upacara di sana sebagai simbol tanah air kita,” kata Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (14/8).