Terbuka bagi Banyak Jenjang Pendidikan, Ini Formasi CPNS Kemenkumham

by -787 views
Terbuka bagi Banyak Jenjang Pendidikan, Ini Formasi CPNS Kemenkumham
Terbuka bagi Banyak Jenjang Pendidikan, Ini Formasi CPNS Kemenkumham

 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham) membuka seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Instansi ini membuka 4.598 formasi yang terdiri dari 87 formasi cumlaude, 19 formasi disabilitas, 180 fomasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, serta 4.312 formasi umum. Berbeda dari kebanyakan instansi. tahun ini, Kemenkumham menyediakan alokasi khusus bagi pelamar lulusan SMA/SMK/MA sederajat. Khusus untuk pelamar lulusan SMA/SMK/MA, Kemenkumham mengalokasikan 3.532 formasi dengan 2.875 formasi disediakan untuk jabatan penjaga tahanan serta 101 formasi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.

Lulusan SMA/MA/SMK juga bisa mendaftar pada jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana/Pemula dengan jumlah formasi sebanyak 657. Selain itu, Kemenkumham juga membuka lowongan bagi Diploma III, Sarjana/S-1/D-IV, dan dokter. Sementara seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Kemenkumham terbagi menjadi beberapa tahap, mulai dari seleksi administrasi, verifikasi berkas asli, seleksi komputer dasar (SKD) dengan Computer Assited Test (CAT), serta seleki kompetensi bidang.

Berikut persyaratannya: Dokumen persyaratan Pelamar dengan kualifikasi lulusan SMA/MA/SMK sederajat diwajibkan menyiapkan dokumen persyaratan sebagai berikut Surat lamaran yang bisa diunduh dari situs SSCASN. Surat tersebut ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta KTP atau e-KTP Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) asli, transkrip atau daftar nilai asli atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional. Dokumen tersebut disiapkan dalam format PDF. Bagi pelamar lulusan liar negeri, maka diwajibkan menyertakan Surat Penyetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lalu untuk pelamar lulusan Pesantren dapat menyematkan Surat Penyetaraan dan Transkrip Nilai dari Kementerian Agama Sementara bagi pelamar untuk formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat dapat dengan kualifikasi pendidikan SMA/MA/SMK sederajat, dapat ditambahkan dokumen berupa surat keterangan asli dari kelurahan/kepala desa/kepala suku.

Pendaftaran di portal SSCASN Peserta mendaftar secara online di portal SSCASN BKN pada 11-25 November 2019. Pendaftaran dilakukan degan menggunakan NIK e-KTP dan nomor kartu keluarga/NIK Kepala Keluarga Pelamar mengisi NIK, NIK kepala keluarga, alamat email aktif, mengisi password, serta membuat jawaban pengaman. Kemudian pelamar juga diwajibkan untuk mengunggah pas foto dengan latar belakang berwarna merah. Pas foto tersebut berukuran 4×6 dengan ukuran file antara 120-2000 kb. Jangan lupa untuk memastikan atau mengubah tipe file foto menjadi .jpg. Setelah itu, peserta mencetak Kartu Informasi Akun Kemudian, peserta kembali login ke portal SSCASN menggunakan NIK dan password yang telah dibuat. Setelah itu, pelamar mengunggah foto diri atau swafoto yang sedang meemgang e-KTP/surat keterangan perekaman e-KTP. Langkah ini berguna sebagai bukti peserta telah melakukan pendaftaran. Sekali lagi, ukuran file foto antara 120-2000 kb dengan tipe file .jpg Setelah langkah ini dilaksanakan, pelamar bisa memmilih instansi Kementerian Hukum dan HAM, kemudian mengisi jenis formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Lalu peserta diwajibkan melengkapi data dan form yang tersedia. Jika sudah lengkap, pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019.

Kualifikasi dan tahapan seleksi Kualifikasi dan jadwal CPNS untuk jenjang SMA/SMK/MA sederajat Pengumuman dan pendaftaran dilaksanakan pada 11-25 November 2019 melalui situs https://sscasn.bkn.go.id Pengumuman seleksi administrasi berkas unggah dilaksanakan pada 12 Desember 2019 Masa Sanggah pada 13-15 Desember 2019 Jawaban Sanggah dilaksanakan pada 13-19 Desember 2019 Verifkasi dokumen asli, pengukuran tinggi badan, pemberian kartu ujian pada 15-20 Desember 2019 Pengumuman Jadwal SKD dilaksanakan pada Januari 2020 Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (CAT) dan Pengumuman Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (Kesamaptaan) pada Februari 2020 Seleksi Kompetensi Bidang (Kesamaptaan) serta Seleksi Kompetesi Bidang melalui wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan dilaksanakan pada Maret 2020 Integrasi data dengan BKN dan pengumuman kelulusan akhir secara daring dilaksanakan pada April 2020 Pemberkasan peserta yang dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir dilaksanakan pada April 2020.

Kualifikasi bagi pelamar dengan jenjang S-1/D-V, dan D-III Pendaftaran daring lewat portal SSCASN pada 11-25 November 2019 Pengumuman seleksi administrasi berkas unggah ada 12 Desember 2019 Masa Sanggah pada 13-15 Desember 2019 Jawab Sanggah pada 13-19 Desember 2019 Verifikasi jenis atau tingkat disabilitas serta pemberian kartu ujian khusus bagi penyandang disabilitas pada 15-20 Desember 2019 Cetak nomor ujian secara daring dilaksanakan pada 26-31 Desember 2019 Pengumuman jadwal SKD pada Januari 2020 Pelaksanaan SKD CAT pada Februari 2020 Pelaksanaan SKB (CAT) pada Maret 2020 SKD Bahasa Inggris (CAT), praktek komputer, praktek kerja kehumasan dilaksanakan pada Maret 2020 SKB melalui wawancara, pengamatan fisik, dan keterampilan dilaksanakan pada Maret 2020 Integrasi dengan BK dan pengumuman kelulusan akhir secara daring dilaksanakan pada Pembukaan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada April 2020