Tembak Gas Air Mata ke Posko Medis Kampus Atma Jaya, Ini Kata Polisi

by -1,614 views
Tembak Gas Air Mata ke Posko Medis Kampus Atma Jaya, Ini Kata Polisi
Tembak Gas Air Mata ke Posko Medis Kampus Atma Jaya, Ini Kata Polisi

 

Polisi sempat melepaskan tembakan gas air untuk mengurai massa yang terlibat bentrok saat unjuk rasa pada Senin (30/9/2019) malam di sekitar Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Namun, segera gas udara tersebut masuk ke posko medis di dalam kampus Universitas Atma Jaya Jakarta.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, ada anggota kepolisian yang reflek melepaskan tembakan gas air mata. Sebab, banyak aksi massa yang berlarian ke kampus Atma Jaya untuk menyelamatkan diri.

“Mungkin polisi refleks karena melihat massa berlarian ke sana,” ujar Argo saat ditanya, Selasa (1/10/2019).

Argo klaim anggota polisi yang sedang menunggu persetujuan untuk melepaskan gas air mata ke arah posko medis di kampus Atma Jaya.

“Polisi tidak menembakkan gas air mata ke arah posko farmasi Atmajaya,” kata dia.

Sebelumnya, anggota tim masyarakat sipil Asep Komarudin mengatakan sekitar pukul 20.25 WIB gas air mata ditembakkan di sekitar kampus Atma Jaya Jakarta, arah halte TransJakarta Bendungan Hilir.

“Polisi harus menahan dirimu, Atma Jaya adalah zona medis, kampus ini zona medis, zona aman, kami meminta polisi untuk tidak meringsek, Mengumpulkan massa di kampus ini, mengumpulkan massa yang memang betul-betul meminta evakuasi medis,” kata Asep kepada Suara.com, Senin (30/9/2019).