, , , ,

Ketahui 5 Fakta Sapi Limosin, Sapi dari Jokowi untuk Kurban di Bengkulu

by -1,428 views

 

Ketahui 5 Fakta Sapi Limosin, Sapi dari Jokowi untuk Kurban di Bengkulu

Ketahui 5 Fakta Sapi Limosin, Sapi dari Jokowi untuk Kurban di Bengkulu

Beritadalam.com – Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi limosin seberat 1,2 ton untuk berkurban di Bengkulu. Memiliki harga mahal dan kualitas prima, sapi limosin memang sering dicari menjelang Hari Raya Idul Adha untuk dijadikan hewan kurban.

Dikenal sebagai salah satu ras sapi terbaik, sapi limosin memiliki berbagai fakta-fakta mencengangkan yang jarang kita tahu, sehingga membuat sapi ini banyak dicari para publik figur dan pejabat.

Apa saja fakta-faktanya? Berikut fakta sapi limosin mengutip That’s Farming, Sabtu (10/8/2019).

1. Ras sapi asli Prancis

Sapi yang memiliki bobot hingga berton-ton ini merupakan ras sapi asli Prancis atau tepatnya dari daerah Marche dan Limousin. Semakin tinggi peminat membuat lebih dari 70 negara telah melakukan perkembang biakan jenis sapi ini.

Alasan banyak negara mengembang biakan sapi ini karena kemudahannya yang mampu beradaptasi di berbagai iklim dunia, termasuk Irlandia yang didominasi iklim dingin dan lembab.

2. Memakan pakan tertentu dan berkualitas

Besarnya sapi ini ditentukan dari pakan yang berkualitas. Pakannya tidak sembarangan seperti beli di pabrik dan sebagainya, tapi peternak akan rela mencarikan rumput yang berkualitas baik atau dibawa langsung ikut meladang dan digembala.

Belum lagi perawatannya harus ekstra maksimal selayaknya manusia yang dimandikan dan dibersihkan dengan cara menggosok tubuhnya, serta kebanyakan peternak tidak akan membawa limosin untuk membajak sawah seperti sapi kebanyakan.

3. Ras sapi tertua di dunia

Limosin dikategorikan sebagai ras tertua, karena beredarnya lukisan di salah satu gua di Prancis kuno dan menggambarkan hewan yang menyerupai sapi limosin, dan membuktikan manusia hidup tinggal di gua bersama limosin.

Meski beberapa penelitian ditemukan lukisan itu menggambarkan bukan sapi limosin tapi ras sapi lain yang lebih tua, tetapi pada dasarnya sapi limosin memiliki ciri genetika yang sama.

4. Ras asli berbulu emas

Walau ada beberapa yang mengklaim limosin memiliki berbagai warna dari cokelat, hitam, hingga putih. Pada dasarnya sapi satu ini memiliki bulu asli berwarna emas.

Seperti yang tertera pada buku hewan ternak Prancis, yang memastikan kemurnian rasnya, serta menegaskan tidak ada pigmentasi warna lain, seperti cokelat, hitam atau putih.

5. Miliki sistem kekebalan tubuh tinggi

Sapi limosin dari kualitas terbaik memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat dibanding sapi biasa. Penyakit yang biasanya menyerang sapi biasa tidak ditemukan pada sapi limosin.

Meski begitu tidak lantas mengabaikan vaksinasi pada sapi. Khususnya saat perilaku dan gejala hewan ini bertingkah tidak seperti biasanya.