Jadwal Lengkap Puasa Bulan Dzulhijjah hingga Doa Niatnya

by -1,211 views
Jadwal Lengkap Puasa Bulan Dzulhijjah hingga Doa Niatnya
Jadwal Lengkap Puasa Bulan Dzulhijjah hingga Doa Niatnya

Beritadalam.com , Sebentar lagi umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha. Artinya kalender hijriyah akan memasuki bulan Dzulhijjah. Nah, seperti apa jadwal puasa bulan Dzulhijjah 2019? Yuk simak.

Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah. Artinya, umat Islam dianjurkan menjalankan puasa sunnah sebagai amalan di bulan Dzulhijjah

  1. Jadwal Puasa Bulan Dzulhijjah

Terdapat beberapa anjuran puasa di bulan Dzulhijjah, yakni pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah atau dikenal dengan nama puasa Asyura. Hal ini diterangkan dalam hadist riwayat Al Bukhori, yang berbunyi:

“Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda ‘Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah)’. Para sahabat bertanya: ‘Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?’ Beliau bersabda, ‘Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)'”.

Kemudian, puasa sunnah bulan Dzulhijjah lainnya adalah puasa Arafah yang jatuh pada tanggal 10 Agustus atau 9 Dzulhijjah. Puasa ini disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan haji karena pahalanya bisa menggugurkan dosa-dosa selama dua tahun.
Dalam hadist riwayat An Nasaa’i, Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu, dan puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, setahun yang lalu, dan setahun yang akan datang.”

Artinya, anjuran puasa sunnah bulan Dzulhijjah 2019 jatuh pada tanggal 10 Agustus (puasa Arafah), dan 2 Agustus hingga 10 Agustus (puasa asyura).

  1. Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah di tanggal 2-9 Agustus 2019 atau Puasa Asyura:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.

Niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah di tanggal 9 Agustus atau Puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Latin: Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Dzulhijjah!