Gara-gara Pemudik OTG Positif Corona Naik Pesawat, 68 Penumpang Wings Air Diisolasi

by -848 views

 

Makassar – Sebanyak 68 penumpang maskapai Wings Air harus diisolasi lantaran berada satu pesawat dengan pasien yang ternyata terkonfirmasi positif corona (Covid-19). Mereka terbang dengan rute Kota Makassar-Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan pada Jumat (24/4/2020) lalu.

Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali mengatakan adanya satu orang positif Covid-19 itu merupakan kasus pertama di wilayahnya. Pasien tersebut adalah Laki-laki berusia 52 tahun yang beralamat di Kecamatan Bontomanai. Dia memiliki riwayat perjalanan ke Gowa, ke Makassar, lalu pulang ke Selayar. “Ini pertama kasus pertama di Kabupaten Kepulauan Selayar dan pasien tersebut sementara dirawat di RSUD KH Hayyum Kabupaten Kepulauan Selayar. Pasien tersebut mempunyai riwayat perjalanan dari Kabupaten Gowa ke Kota Makassar,” kata Basli dalam konferensi per

Rapid test reaktif Awalnya, petugas melakukan pemeriksaan rapid test di Bandara Kepulauan Selayar Hasil pemeriksaan laki-laki itu menunjukkan reaktif sehingga langsung dites swab. “Langsung diisolasi dan diambil sampel tes swab-nya. swab-nya kemudian langsung dikirim ke Makassar dan hasilnya menyatakan positif covid-19,” kata Basli. Namun kondisi pasien itu menunjukkan sehat atau dinyatakan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Petugas kemudian melakukan pelacakan terhadap siapa saja penumpang ada dalam daftar manifes penerbangan. Sebanyak 68 orang itu menjalani isolasi di tiga hotel Kabupaten Kepualauan Selayar. “Setelah ada hasil tes swab keluar, kita langsung melakukan tracing. Di mana seluruh data manifes menumpang Wings Air dari Kota Makassar ke Kabupaten Kepulauan Selayar diketahui. Jadi sisa dijemput di rumahnya masing-masing,” ujar Basli saat dikonfirmasi, Jumat (1/5/2020). Mereka akan menjalani rapid test. Sepuluh orang di antaranya juga akan dites swab karena dicurigai sebagai OTG.