Dilema Pohon Sengon di Balik Listrik Padam

by -1,198 views

Dilema Pohon Sengon di Balik Listrik Padam

Jakarta, Beritadalam.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo menjelaskan penyebab utama pemadaman listrik di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah.

Dedi mengatakan tentang pohon di sekitar PT UPT Ungaran dianggap menjadi penyebabnya. Ketinggian pohon di sana melebihi 8,5 meter. Hal itu berdasarkan penelusuran Polda Jawa Tengah, dan telah mewawancarai empat petugas UPT.

Di sekitar tempat kejadian perkara, dibahas di Menara Transmisi 434 dan 435 merupakan pohon yang ditebang. Lokasi itu juga telah diberikan garis polisi.

“Didapati memang ada beberapa pohon yang ditebang yang langsung berada di bawah jaringan tegangan super tinggi. Kemudian dikroscek dari operator mereka melihat salah satu faktor penyebabnya adalah pohon ini, karena ada batas maksimal pohon yang dapat langsung dipindahkan di bawah tegangan super tinggi itu 8,5 meter, “katanya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (6/8).
Dedi menjelaskan pohon yang melebihi 8,5 meter akan dihapus flash atau lompatan. Trafo yang berhasil memperbaiki kerusakan perlu lama untuk memperbaiki trafo dan jaringannya.

“Sudah ada empat orang yang mewakili atau petugas, ini belum ada, ya, baru, dan wawancara, untuk mencari tahu mengapa mencari tahu,” tuturnya.

Pohon tinggi itu pun terkenal di tanah PLN.

“Punya PLN karena itu jalur tegangan super tinggi dan sangat berbahaya kalau masyarakat ada di bawah jaringan tersebut,” ucapnya.
Meski demikian, kata Dedi, tim pusat masih melakukan investigasi lebih lanjut.

“Ini dugaan sementara, kita masih menunggu investigasi secara komprehensif, karena ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab faktor alam, human eror atau manusia, faktor teknis dan faktor lainnya masih didalami. Hasilnya apa nanti akan disampaikan,” tuturnya.

Di sisi lain, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan penyebab listrik padam karena pohon adalah hoaks. Hal itu berdasarkan keterangan pihak Perusahan Listrik Negara (PLN).

Dalam situs resminya, Kominfo menulis artikel berjudul “[HOAKS] Listrik Mati Massal karena Pohon Sengon di Ungaran-Pemalang”.

Keterangan resmi PLN mengenai pemadaman listrik yang terjadi karena dua gangguan yang terjadi bersamaan, yaitu gangguan pada transmisi SUTET 500 kV di Ungaran-Pemalang, Jawa Tengah, dan pemantauan pada turbin gas di PLTU Cilegon, Banten.