, , , , ,

Demo Hari ini, Massa Mulai Kepung DPR dari Berbagai Penjuru

by -1,265 views

 

Demo Hari ini, Massa Mulai Kepung DPR dari Berbagai Penjuru
Massa yang mayoritas berseragam putih abu-abu bergerak ke bagian belakang DPR, khususnya di persimpangan Jalan Palmerah Timur dan Jalan Gelora. Polisi pun langsung membuat barikade dengan menggunakan tameng.

Pantauan beritadalam terlihat massa pelajar mulai berdatangan sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka meneriakkan yel-yel tentang polisi di tengah jalan. Arus lalu lintas di Jalan Palmerah Timur dekat Stasiun Palmerah terpantau macet. Ruas jalan tertutup oleh massa.

Para pelajar ini terlihat membawa bendera merah putih. Belum terlihat spanduk terkait tuntutan demonstrasi mereka.

Selain di sisi belakang DPR, demonstrasi juga berlangsung di bagian gedung DPR. Massa di depan DPR menggelar demonstrasi untuk menolak sejumlah RUU, salah satunya RUU Pertanahan yang pembahasannya ditunda dan di-carry over ke DPR periode mendatang.

Arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto dari arah Semanggi menuju Slipi juga macet. Penutupan jalan dilakukan di Jalan Gatot Subroto depan gedung DPR.

Sementara itu aliansi mahasiswa dan buruh yang hendak berunjuk rasa di depan DPR tertahan di Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Gerbang Pemuda. Massa pun menutupi seluruh lajur jalan.

Pantauan beritadalam di lokasi, Senin (30/9/2019), pukul 14.27 WIB, Ketua KASBI Nining Elitos sempat berdiskusi dengan kepolisian. Nining meminta polisi membuka barikade.

Namun polisi tidak membuka jalan bagi massa. Nining pun menyalahkan polisi jika timbul kemacetan akibat aksi tersebut.

“Kalau jalanannya macet bukan karena kami, karena kami hanya diizinkan sampaikan aksi di sini,” kata Nining.

“Kita aksi damai pak! Kami ingin suara kami didengar oleh presiden, supaya tidak hanya menunda pasal-pasal, tetapi juga mencabut,” lanjut Nining.

Polisi kemudian membuka barikade. Namun, hingga pukul 14.31 WIB, massa aliansi buruh masih bertahan melakukan orasi di Jalan Gatot Subroto.

Pantauan beritadalam, arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi sudah tidak dilintasi oleh kendaraan. Sementara arus lalu lintas di Tol Dalam Kota (Dalkot) mengarah ke Slipi terpantau ramai lancar.