6 Fakta 2012, Film Bencana yang Sukses Besar

by -1,362 views
6 Fakta 2012, Film Bencana yang Sukses Besar
6 Fakta 2012, Film Bencana yang Sukses Besar

Beritadalam.com – Film 2012 baru saja ditayangkan oleh Trans TV pada Jumat malam (28/6/2019). Film ini menceritakan kisah sejumlah keluarga yang berusaha menyelamatkan diri mereka ketika berbagai bencana ekstrem menghancurkan Bumi.

Saat pertama kali rilis pada tahun 2009 yang lalu, film ini berhasil mendulang sukses yang cukup besar secara komersial. Hal ini karena tema utama film ini yang mengambil inspirasi dari ramalan kiamat pada tahun 2012 dari kalender Maya.

Selain itu ada beberapa fakta menarik lainnya tentang film ini. Yuk, simak 6 fakta menarik tentang 2012 seperti dirangkum detikHot dari berbagai sumber.

  1. Sinopsis Plot

2012 menceritakan kisah Jackson Curtis, seorang penulis dan sopir yang menyelamatkan keluarganya dari ancaman serangkaian bencana dahsyat yang mengancam eksistensi manusia. Beberapa bencana yang terjadi antara lain gempa bumi dahsyat dengan magnitudo 10,9 dan juga tsunami besar yang terjadi di seluruh dunia.

Saat Curtis bekerja sebagai supir dari biliuner asal Rusia, Yuri Karpov, ia menemukan fakta tentang keberadaan bahtera raksasa yang berada di Pegunungan Himalaya. Curtis, Karpov dan keluarga mereka pun berusaha untuk dapat mencapai bahtera tersebut dan menyelamatkan diri mereka.

  1. Pemeran

Beberapa aktor ternama membintangi film ini. John Cusack berperan sebagai penulis Jackson Curtis, dan Amanda Peet memerankan mantan istrinya Kate Curtis. Ada juga Chiwetel Ejiofor yang memerankan Adrian Helmsley, seorang geologis dan penasihat sains untuk Presiden AS serta Thandie Newton yang memerankan Laura Wilson, ahli seni dan anak dari Presiden AS.

Selain itu, film ini juga dibintangi oleh beberapa aktor dan pemain lainnya seperti Donald Glover, Oliver Platt, Liam James, Morgan Lily dan masih banyak lagi.

  1. Ramalan Kiamat 2012 Menjadi Tema

Film ini mengambil tema utama dari ramalan akan terjadi sesuatu yang memiliki dampak besar di Bumi pada tanggal 21 Desember 2012 berdasarkan kalender suku Maya. Beberapa pihak pun menganggap tanggal tersebut merupakan tanggal dari akhir zaman.

Mereka memperkirakan akan terjadi beberapa fenomena mengerikan seperti interaksi antara Bumi dengan lubang hitam di galaksi, atau Bumi yang bertabrakan dengan planet Nibiru. Tapi, peneliti dan orang-orang yang mempelajari suku Maya telah berkali-kali membantah klaim ini.

  1. Dikritik karena Durasi yang Panjang

2012 dirilis pada tangal 13 November 2009. Walau secara komersil film ini terbilang sukses, film ini banyak dicerca oleh kritikus.

Salah satu aspek yang banyak dikritik adalah durasinya, yang mencapai 158 menit atau dua jam 38 menit. Tapi kritik banyak yang memuji efek visual dan desain produksinya.

  1. Sukses Besar di Box Office

2012 diproduksi dengan biaya sebesar USD 200 juta. Film garapan sutradara Roland Emmerich ini sukses meraup pendapatan hingga USD 769,7 juta. Bahkan 2012 berhasil menjadi film dengan pendapatan terbesar kelima yang rilis pada tahun 2009.

  1. Dicekal di Korea Utara

Korea Utara ternyata melarang kepemilikan dan penayangan 2012 di negaranya. Hal ini karena tahun 2012 merupakan peringatan ulang tahun ke-100 bapak negara Kim Il-sung dan tahun tersebut ditetapkan sebagai waktu terbukanya gerbang besar untuk menjadi negara adidaya.

Film yang menggambarkan tahun 2012 secara negatif dianggap ofensif oleh pemerintah Korea Utara. Bahkan ada beberapa orang di Korea Utara yang ditahan karena memiliki dan menonton film 2012.