4 Faktor cuaca Extreme di Bandung lautan api

by -1,304 views
https://www.tagar.id/Asset/uploads/973290-bandung.jpeg

Beritadalam.com – Memasuki puncak musim kemarau, suhu di wilayah Bandung, Jawa Barat (Jabar), lebih dingin dari biasanya. Bahkan, pada Juli 2019, lokasi dengan elevasi tinggi seperti di Pos Observasi Geofisika Lembang, suhu mencapai 13 derajat celcius. Terdapat empat faktor yang membuat suhu Bandung makin dingin.

  1. Masuk Musim Kemarau

Suhu dingin yang melanda wilayah Bandung sebenarnya disebabkan oleh sejumlah faktor, salah satunya karena Jabar merupakan wilayah pertama yang mengalami periode musim kemarau pada Juni.

“Fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau,” ucap Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung Toni Agus Wijaya, Rabu 17 Juli 2019.

Lembang
  1. Angin Pasat Tenggara

Faktor lain yang juga mempengaruhi suhu udara dingin adalah angin pasat tenggara atau angin timuran. Angin yang berasal dari Benua Australia yang sedang mengalami puncak musim dingin itu berembus melewati Jabar.

“Suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan,” ucap dia.

  1. Cuaca Cerah

BMKG Bandung juga menilai suhu dingin di wilayah Bandung karena cuaca cerah. Ketika cuaca cerah sebagian sinar matahari yang menyinari permukaan bumi terpantul ke angkasa, sehingga radiasi panas matahari yang tersimpan di permukaan bumi saat dini hari sangat sedikit.

  1. Kelembapan Ketinggian

Suhu dingin di wilayah Bandung juga mendapat pengaruh karena kelembapan suhu di atas permukaan laut. Saat ini, pada ketinggian 3 kilometer di atas permukaan laut, suhu relatif kering sehingga potensi awan yang terbentuk untuk terjadi hujan relatif kecil, dan dampaknya kondisi kelembapan dari malam hingga pagi, menambah kondisi suhu udara menjadi dingin.

Berdasarkan pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung, suhu udara terendah pada Juli tercatat sebesar 16,4 derajat Celcius dan di Pos Observasi Geofisika Lembang tercatat sebesar 13 derajat celcius.

Sedangkan dari data BMKG Bandung, pada 13-19 Juli menunjukan suhu minimum Kota Bandung 15 derajat celcius dan maksimum 30 derajat celcius.