5 Fakta Haris Azhar yang Kritik Menkumham Yasonna Laoly

by -1,498 views

 

Jakarta – Aktivis Haris Azhar tadi malam mengkritik tajam Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Kritik tersebut ia sampaikan dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC).

Kritik yang disampaikan Haris Azhar kepada Yasonna sebagai pembelaan untuk mahasiswa. Sebelumnya, Yasonna mengaku malu mendengar pendapat para mahasiswa terkait RUU KUHP dan meminta mereka untuk membaca terlebih dahulu.

Berikut profil Haris Azhar yang dirangkum detikcom:

1. Lulusan Inggris

Pada tahun 2010, Haris Azhar menyelesaikan gelar S2-MA di University of Essex, Inggris. Dalam kuliahnya, ia memperdalam Teori Hak Asasi Manusia dan Praktik.

2. Mengajar di Trisakti

Pria berumur 44 tahun ini mengajar di Universitas Trisakti dan Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera. Haris Azhar juga diketahui lulus S1 dari Trisakti pada tahun 1999.

3. Dirikan Lokataru

Kecintaannya terhadap dunia hukum dan HAM membuat ia mendirikan organisasi Lokataru. Haris Azhar mendirikan Lokataru bersama teman-temannya, yakni Nurkholis Hidayat, Eryanto Nugroho, Iwan Nurdin, Sri Suparyati, Mufti Makarim, dan Atnike Nova.

4. Gabung Program Milik Obama

Pada tahun 2014, pemilik akun Twitter @haris_azhar ini pernah bergabung dalam program milik Mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, yaitu Standing with Civil Society.

5. Pernah Berurusan dengan TNI

Haris Azhar pada tahun 2016 pernah berurusan dengan TNI. Kala itu, ia menuliskan testimoni korban eksekusi mati Freddy Budiman yang menyebutkan ada keterlibatan TNI, Polri dan BNN dalam peredaran narkoba.