210 Karyawan Sampoerna Tunggu Hasil Swab, Bagaiman Kondisinya?

by -797 views

 

Surabaya – Update kasus COVID-19 karyawan Sampoerna hingga hari ini, masih ada 210 hasil PCR Swab belum keluar. Bagaimana keadaan karyawan saat ini ?
Ketua Satgas Rumpun Kuratif Penanganan COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi mengatakan saat ini 210 karyawan tersebut tengah isolasi. Ada yang secara mandiri, ada yang di hotel.

“Yang 165 isolasi mandiri ya sembari menunggu PCR mereka ketemu. Mereka ini yang PCR mandiri, jadi pemprov saat ini masih cari hasilnya. Kalau yang 45 saat ini diisolasi di hotel Surabaya, masih menunggu hasil swab di Soetomo,” kata Joni di Gedung Negara Grahadi, Minggu (3/5/2020).

Joni menjelaskan hasil swab di Soetomo akan diusahakan cepat keluar. Salah satu penyebab hingga hari ini swab ke-45 karyawan Sampoerna di Soetomo belum keluar, karena banyaknya pasien yang diswab.

“Mesin juga ada batasannya. Hari ini insya allah ada mesin baru datang. Karena menumpuk di Soetomo banyak yang diswab,” terangnya.

Dirut RSU dr Soetomo ini mengatakan, keadaan 210 pasien saat ini tengah baik-baik saja. Bila hasil dari mereka ada yang positif, Joni mengaku akan mencarikan tempat untuk isolasi.

“Ini problem kita, kalau ada yang positif tentu kita carikan tempat yang memadai untuk isolasi. Yang 34 karyawan positif, sudah dipindah di salah satu rumah sakit di Surabaya. Problemnya nanti kalau ada tambahan karena belum ada kepastian tempat,” jelasnya.

Joni memastikan sore ini, pihaknya akan bertemu dengan manajemen Sampoerna untuk membahas lebih lanjut.

Sebelumnya ada 488 karyawan Sampoerna yang sudah menjalani pemeriksaan baik rapid test maupun PCR Swab. Dari total tersebut 232 negatif rapid test dan observasi mandiri di rumah masing-masing.

Sedangkan 91 karyawan dinyatakan reaktif COVID-19 melalui rapid test. Dan 165 karyawan PCR Swab mandiri, namun hasilnya belum keluar. Untuk 91 karyawan yang reaktif, diswab di RSU dr Soetomo. Hasilnya 34 positif COVID-19, 12 negatif. Sementara sisa 45 masih belum keluar hasilnya.